Breaking

894 Pengawas TPS se-Kota Palangka Raya Dilantik

BKBP, Palangka Raya – Sebanyak 894 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Kota Palangka Raya dilantik serempak hari ini. Pelantikannya dilakukan oleh tiap-tiap  Panwaslu Kecamatan (Panwascam).

“Sebanyak 462 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Kecamatan Jekan Raya hari ini dilantik oleh Panwaslu Kecamatan,” jelas Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya, Eko Wahyudi, dalam sambutanya sekaligus membuka secara resmi Pelantikan dan Pelatihan bagi PTPS Kecamatan Jekan Raya, Senin (25/3/19).

“Pelantikan ini dilakukan secara serentak tidak hanya di Palangka Raya tetapi juga di Indonesia. Pelantikan ini dilakukan hari ini mengingat ketentuan pasal 90 ayat 2 Undang-undang No 7 Tahun 2017 tentang pemilu,” sambungnya.

Eko menjelaskan, berdasarkan amanat undang-undang PTPS harus dibentuk paling lambat 23 hari sebelum pemungutan suara dilakukan. Masa tugas PTPS adalah sebulan, artinya mereka akan bekerja sampai 24 April 2019.

“Dari 894 PTPS tersebut tersebar di lima Kecamatan se-Kota Palangka Raya sebanyak 308 PTPS Pahandut, Jekan Raya 462 PTPS, Bukit Batu 46 PTPS, Sabangau 64 PTPS dan Rakumpit 14 PTPS,” ungkapnya.

Tugas PTPS di dalam undang-undang disebutkan ada lima. Pertama mengawasi persiapan pemungutan suara, kedua mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, ketiga mengawasi persiapan penghitungan suara.

“Keempat (mengawasi) pelaksanaan penghitungan suara. Kelima (mengawasi) pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS (Panitia Pemungutan Suara),” pungkas Eko. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.