Breaking

Apel Peringatan Hari Pahlawan 2019

BKBP, Palangka Raya – Minggu (10/11) jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya melaksanakan apel bersama memperingati Hari Pahlawan ke-74, bertempat di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Jl. Ir.Soekarno, Lingkar Dalam Palangka Raya.

Apel dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Dra. Hera Nugrahayu, M.Si, diikuti oleh seluruh jajaran pejabat dan Aparatus Sipil Negara serta Tenaga Kontrak.

Sekretaris Daerah dalam amanatnya menyatakan “bahwa kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu moment paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia. Tidak ada pilihan yang dapat di tawar lagi saat itu, yaitu merdeka atau mati. Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja. Namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia, termasuk seluruh warga masyarakat Kabupaten Jepara. Lewat momentum Peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa “hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”.

Ditegaskan lagi, selain itu, lewat peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa, putra-putri Jepara untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, seperti tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”. Menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun, dalam bentuk aksi-aksi nyata untuk memperkuat keutuhan, persatuan dan kesatuan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis, tidak melanggar hukum dan norma, serta tidak merugikan orang lain dan lain sebagainya. Kita tentu tidak ingin keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/01

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.