Breaking

Badan Kesbangpol kota Ikuti Bimtek Deteksi Dini dan Cegah Dini

BKBP, Palangka Raya – 50 peserta yang berasal dari perwakilan Badan Kesbangpol Se Kalteng, Satpol PP, FKDM, FPK, FKPT, FKUB, Menwa dan KPK/Tipikor ikuti Bintek Deteksi Dini dan Cegah Dini, bertempat di Hotel Neo Palangka Raya, Minggu (6/5/2018).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalteng, Agus Pramono, mengatakan “Bimtek ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan peran aktif dan kemampuan aparatur serta masyarakat dalam melakukan deteksi dini dan cegah dini terhadap semua hal yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban serta situasi daerah,” sebut Agus Pramono

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran dalam sambutannya yang disampaikan Asisten 1 Setda Kalteng, Syaidina Aliansyah, pada pembukaan Bimbingan Teknis Deteksi Dini dan Cegah Dini Se Kalimantan Tengah, di Hotel Neo Palangka Raya, Minggu malam (6/5).

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran dalam sambutannya yang disampaikan Asisten 1 Setda Kalteng, Syaidina Aliansyah, setidaknya ada empat bidang yang perlu mendapat perhatian serius, terkait potensi gangguan keamanan dan ketertiban wilayah. Ke empat bidang itu adalah, ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya. “Oleh karena itu, perlu adanya kewaspadaan dan penanganan terhadap potensi-potensi ancaman ini, yang harus dilakukan secara proporsional oleh seluruh masyarakat Kalteng,” tegas gubernur.

Gubernur juga mengungkapkan, beberapa faktor di masyarakat yang juga berpotensi timbul akibat permasalahan di keempat bidang tadi, di antaranya adalah kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap penegak hukum.

Kemudian, rendahnya tingkat pendidikan dan kualitas sumber daya manusia serta terjadinya kesenjangan sosial di masyarakat yang ditunjukan dengan tingginya angka kemiskinan. “Selain itu, lemahnya pemahaman keagamaan dan menurunnya kesadaran wawasan kebangsaan, serta munculnya masalah-masalah demokrasi, juga berpotensi menimbulkan instabilitas politik dan keamanan,” ujarnya. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/Willyandi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.