Breaking

Bawaslu Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2019

BKBP, Palangka Raya – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalteng gelar apel dan patroli pengawasan anti politik uang menjelang hari pemungutan dan perhitungan pemilu 2019, di Tugu Soekarno Kota Palangka Raya, Jumat (12/4/19).

Apel yang dikuti oleh seluruh perangkat Bawaslu se Kalimantan Tengah hingga Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), dihadiri Kpu Kalteng, perwakilan Polda Kalteng, perwakilan Polres Palangka Raya, perwakilan Kodim 1016/Pk, Kaban Kesbangpol Provinsi Kalteng, dan Walikota Palangka Raya yang diwakili Kepala Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya, tersebut tidak lain adalah sebagai peringatan keras dari pihak pengawas bagi yang ingin mencoba-coba melakukan pelanggaran dimasa-masa tenang menjelang hari pungut hitung Rabu 17 April 2019 nanti.

Ketua Bawaslu Provinsi Kalteng Satriadi menyatakan, apel ini sebagai bentuk kesiapan untuk menghadapi masa tenang, sebelum pencoblosan 17 April 2019 mendatang.

Apel ini merupakan warning dan peringatan dini terhadap peserta pemilu, bahwa kami dan jajaran akan melakukan patroli pengawasan, sebagai kesiapan kita sampai jajaran Bawaslu kabupaten kota untuk melakukan patroli didaerah masing-masing, katanya.

Hal tersebut sebagai upaya untuk mencegah politik uang yang terjadi sebelum pelaksanaan pencoblosan. Ini yang menjadi prioritas Bawaslu bersama semua jajaran.

“Kita berharap pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dapat berjalan dengan aman dan lancar, sejak awal hingga akhir,”tuturnya. 

“Kami menghimbau kepada warga masyarakat dalam proses patroli ini untuk tidak melakukan hal-hal yang dilanggar sebagaimana diatur dalam UU pemilu, namun jika warga menemukan dugaan pelanggaran pada masa tenang segera lapor pada kami, baik kepada PTPS, Panwas Kelurahan, Panwascam,” tutup Satriadi.

Pada kesempatan yang sama, apel juga dirangkai dengan pembacaan Pernyataan Sikap Pengawas Pemilihan Umum 2019. Yakni mengawal pemilu 2019 yang jujur, adil, demokrasi, bermartabat dan transparan, guna mewujudkan pemilu yang aman, damai serta kondusif.

Pengawas pemilu melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan terhadap politik uang dalam pemilu 2019, karena merupakan ancaman besar bagi demokrasi dan kedaulatan rakyat.

Pengawas pemilu siap melakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran pemilu 2019, dan menjaga hak pilih masyarakat Indonesia untuk menentukan pilihannya secara cerdas berdasarkan visi, misi dan program kerja bukan karena Politik Uang, Sara, Hoax, dan Ujaran Kebencian. #badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.