Breaking

Bentuk Tim Satgas Anti Radikalisme

PROKAL.CO, PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya bersama DPRD setempat telah membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Palangka Raya Anti Radikalisme, Anti Narkoba dan Penanggulangan Konflik Sosial.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto menjelaskan, Satgas Palangka Raya Anti Radikalisme resmi terbentuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) Walikota Palangka Raya Nomor. 188.45/330/2017 tentang Tim Satuan Tugas (Satgas) Palangka Raya Anti Radikalisme, Anti Narkoba dan Penanggulangan Konflik Sosial yang dikeluarkan tanggal 31 Juli 2017.

Tim Satgas merupakan gugus bersama instansi terkait dalam rangka mengkoordinasikan kegiatan pencegahan radikalisme yang bertugas menyusun rencana aksi terpadu.

“Kami sebagai pelopor dalam membentuk kesadaran diri pada tingkat keluarga, lingkungan kerja dan masyarakat anti radikalisme dengan konsep kearifan lokal,” katanya, kemarin.

Sigit mengungkapkan tujuan dari pembentukan tim ini, adalah untuk melakukan langkah-langkah sinergi antarinstansi dalam rangka mengedukasi masyarakat anti radikalisme dan menggelorakan semangat anti radikalisme di kalangan masyarakat melalui media masa, budaya, pendidikan dan keagamaan.

Keberadaan tim diharapkan dapat mendorong peningkatan peran serta masyarakat melalui Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), lembaga keagamaan, organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat, pelajar, mahasiswa dan pemuda. Selanjutnya, mampu menegakkan supremasi hukum dalam rangka pengawasan, pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Juga melaksanakan dan meningkatkan sosialisasi dan penyuluhan kepada siswa, mahasiswa, pekerja, keluarga, aparatur pemerintah dan masyarakat yang rentan terhadap bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” kata Sigit menerangkan.

Dalam melaksanakan tugasnya, tim harus berpedoman pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan bertanggung jawab sesuai dengan tugas jabatan masing-masing. “Melakukan koordinasi dengan lembaga atau instansi terkait sesuai dengan kewenangannya,” katanya.(ari/uyi/iha)

sumber. kalteng pos (16/8/17)

Pengukuhan Anti Radikalisme, Anti Narkoba, dan Penanggulangan Konflik Sosial

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.