Breaking

BKOW Kalteng, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Jangan Dilunturkan

BKBP, Palangka Raya – Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Prov. Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya menggelar acara Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, bertempat di Sekretariat BKOW Prov. Kalteng, Rabu, (14/11/2018).

Hadir pada acara tersebut Ibu-ibu ketua Organisasi Wanita se Kalimantan Tengah, pengurus BKOW Kalteng, dan siswa SMU-SMK kota Palangka Raya, berjumlah 100 orang.

Di depan para peserta yang terdiri dari siswa SLTA dan perwakilan pengurus Organisasi Wanita, Hj. Nani Winarni A. Diran, selaku ketua BKOW Kalteng mengatakan, “diera sekarang ini, bangsa kita diperhadapkan pada tantangan internal maupun global sangat komplek. Dinamika perubahan sosial dan politik yang berkembang akhir-akhir ini berpotensi untuk ditunggangi isu-isu global, sehingga dapat mempengaruhi nilai-nilai budaya dan jati diri bangsa”.

“Melalui acara ini kita berupaya untuk melawan pengaruh-pengaruh dari dalam dan luar, memberikan pemahaman kepada peserta dan kita semua tentang pentingnya wawasan kebangsaan dan bela negara, kesamaan persepsi dalam memaknai kehidupan berbangsa dan bernegara, memupuk kesadaran membangun kehidupan bersama atas dasar persamaan hak dan kewajiban,serta pembentukan cara pandang yang sehat dan wajar tentang masa depan bangsa”, tutupnya.

Kapten Suradi, narasumber dari Korem 102/Pjg memaparkan, “ bela negara adalah, sikap dan prilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup dan bernegara. Tiga prinsip dasar bela negara  yaitu, menjaga kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah, dan menjaga keselamayan bangsa”, paparnya.

Kepala Badan Kesbangpol Kota palangka Raya, Ir. Januminro, M.Si, selaku narasumber menjelaskan, 4 Pilar Kebangsaaan Indonesia yaitu; Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang – Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Para pemuda adalah salah satu penentu masa depan kemajuan bangsa dan negara. Karakter yang unggul sangatlah perlu diutamakan dalam diri para generasi muda, sebab karakter merupakan akar sekaligus cerminan dari budaya sebuah bangsa.

Jadi 4 pialr ini kan berperan dalam menopang terbentuknya karakter bangsa dan untuk memperkuat karakter bangsa, asalkan para pemudanya selalu mau menghargai dan menjadikan pedoman 4 pilar tersebut. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

 

 

One comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.