Breaking

BPK RI Perwakilan Kalteng Serahkan LHP Dana Banpol se- Kalteng

BKBP, Palangka Raya – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalimantan Tengah menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran dana bantuan keuangan parpol dari APBD 2018 kepada Kepala Badan Kesbangpol se-Kalimantan Tengah, bertempat di Auditorium BPK RI Jl. Yos Sudarso Palangka Raya, Kamis (28/3/19).

Kepala BPK RI Perwakilan Kalimantan Tengah, Ade Iwan Ruswana mengatakan, pemeriksaan atas pertanggungjawaban Penerimaan dan Pengeluaran Dana bantuan Parpol dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kesimpulan atas kesesuaian LPJ Bantuan Partai Politik dengan ketentuan yang berlaku.

Ada 136 parpol se-Kalimantan Tengah yang dilakukan pemeriksaan BPK RI perwakilan kalteng, dengan total bantuan sebesar Rp. 10,73 M, dan telah dipertanggungjawabkan sebesar Rp. 10,72 M.

Dari hasil pemeriksaan BPK RI dapat kesimpulan, sebanyak 67 parpol (49,26%) sinyatakan sesuai kriteria, 57 parpol (41,91%) sesuai kriteria dengan pengecualian, 2 parpol (1,47%) tidak sesuai, dan 10 parpol (7,35%) tidak menyatakan kesimpulan (disclaimer).

Hasil pemeriksaan ini menunjukan bahwa sebagian besar parpol telah melaksanakan pengelolaan dan pertanggungjawaban dana banpol dengan cukup baik dan tertib, walaupun masih ditemukan adanya ketidakpatuhan yang material namun dampaknya tidak meluas, temuan ketidakpatuhan tersebut bukti LPJ Banpol tidak lengkap, tidak sah dan tidak sesuai prioritas (Pendidikan politik dan operasional sekretariat).

BPK RI mengharapkan pada tahun mendatang pertanggungjawaban banpol semakin baik, tertib dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Oleh akrena itu diperlukan peran aktif Badan Kesbangpol untuk melakukan pembinaan secara berkesinambungan  kepada partai politik di wilayah masing-masing, sehingga tidak akan terjadi lagi seperti di Kabupaten Murung Raya ada 3 partai politik yang dana bantuan partai politiknya tidak bisa dicairkan. #Badan Kesbangpol Palangka Raya/rzl

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.