Breaking

Buka Rakornas Forkopimda, Jokowi Ingatkan Kepala Daerah

BKBP, Palangka Raya – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) antara Pemerintah Pusat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia yang dilaksanakan di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/19).

Rakornas tersebut diikuti seluruh Gubernur, Kapolda, Pangdam, Kajati, Kepala Pengadilan Tinggi, Bupati, Wali Kota, Kapolres, Dandim dan DPRD Se-Indonesia.

Saat memberikan sambutan, Presiden Jokowi menyebut bahwa pertemuan ini merupakan pertemuan terlengkap yang dihadiri unsur pemerintah baik pusat maupun daerah.

Presiden berharap agar pemerintah pusat dan daerah bisa bersinergi dengan baik demi menyukseskan agenda besar bangsa Indonesia.

“Saya ingin agar semuanya bisa sambung satu garis dari pusat sampai ke daerah. Juga perlu saya sampaikan, mengelola negara sebesar negara kita Indonesia ini tidaklah mudah, beda dengan negara-negara lain,” kata Presiden.

“Jumlah penduduknya saja sekarang sudah 267 juta, jumlah pulaunya 17 ribu pulau, beragamnya budaya, suku, agama, juga semakin kompleksnya kita mengelola negara sebesar Indonesia ini,” tambahnya.

“ Saya pesan ke DPRD dan kepala daerah, jangan terlalu banyak buat Perda, Pergub, Perbub, Perwali. STOP, jangan membuat peraturan yang memberatkan masyarakat. Akhirnya kita tidak cepat dalam memutuskan terhadap perubahan yang ada”, tegas Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, ada 33 perusahaan besar akan pindah dari Tiongkok, 23 perusahaan itu lebih memilih pindah ke Vietnam, 10 perusahaan lainnya memilih malaysia, Kamboja, India, dan Filipina. Kenapa tidak masuk ke negara Indonesia, karena di Indonesia pengurusan perizinan di daerah cukup ribet.

Kalau ada investasi yang berorientasi ekspor, saya minta para pejabat daerah tutup mata tanda tangani saja secepat-cepatnya, bantu, karena itu akan membuka lapangan pekerjaan, Polda, Polres bantu back up kegiatannya, artinya perizinan dipermudah, birokrasi dipermudah, kepastian hukum dan rasa aman dijaga TNI/Polri,” ungkap Jokowi.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dalam laporannya menyampaikan bahwa Rakornas ini dihadiri oleh para Menteri Kabinet Indonesia Maju dan para pimpinan Lembaga Negara, juga diikuti  2.693 peserta yang terdiri dari Kepala Daerah, DPRD, Kepolisian, Kejaksaan dan TNI.

Acara ini digelar dengan tujuan untuk menegaskan visi Presiden dan Wakil Presiden serta menyamakan persepsi visi pembangunan pemerintah pusat dan daerah, yaitu Pembangunan SDM Pendidikan dan Kesehatan, Pembangunan Infrastruktur, Mempermudah Regulasi dan Lapangan Kerja serta Reformasi Birokrasi.

“Ini kita harapkan adanya sinergi antara pusat dan daerah dan kesamaan visi dengan tujuan untuk membangun Indonesia yang makin maju ke depan,” kata Tito. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.