Breaking

Deklarasi Bersama “Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi SARA”

BKBP, Palangka Raya – Memasuki masa kampanye untuk pilkada walikota dan wakil walikota Palangka Raya tahun 2018 tinggal satu hari lagi, Panwaslu Kota Palangka Raya mensosialisasikan Deklarasi bersama Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi Sara, Rabu (14/2/18).

Deklarasi ini dilakukan serentak di seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia. Acara tersebut dihadiri oleh Banwaslu Provinsi Kalimantan Tengah, Perwakilan Kapolres, KPU, Kejaksaan Tinggi, Parpol, DAD Kota Palangka Raya, Panwascam berserta PPL, dan Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya.

Panwaslu Kota Palangka Raya (Endarwati) mengatakan, komitmen bersama ini menjadi kunci bagi kita semua untuk secara bersama-sama menciptakan setiap tahapan Pilkada 2018 bebas dari pengaruh politik transaksional dan pengguna SARA dalam kampaye Pilkada.

Tantangan proses demokrasi kita semakin lama semakin dinamis, Tantangan tesebut bisa datang bari berbagai pihak dan semangat mungkin mempengaruhi kualitas pelaksanaan Pilkada yang berintegeritas.

Bawaslu memiliki komitmen dan tanggung jawab untuk memastikan integritas Pilkada dengan mengajak semua pihak untuk terlibat. Aspek penyelenggaraan, kontestasi dan partisipasi adalah bagian penting dimana semua pihak terlibat berkontribusi terhadap tinggi rendahnya kualitas Pilkada.

Diantara hambatan kualitas Pilkada adalah Politik Uang dan Politisasi SARA. Politik uang menjadi musuh kita bersama karena praktek ini akan menciptakan potensi tindakan korupsi dalam penyelenggaraan Pemerintah daerah. Politisai SARA berpotensi menganggu persaudaraan dalam negara kesatuan Indonesia.

Politik Uang merupakan kerawanan yang terjadi dibanyak daerah pada Pilkada sebelumnya dan juga pada pemilu ligislatif dan Pilres 2014. Praktek bagi-bagi uang maupun barang seperti Sembako hingga Pembangunan sarana Publik merupakan contoh kasus maraknya pelanggaraan pemilu politik Uang.

Kerawanan aspek politik identitas didominasi oleh tingginya kerawanan pada indikator subtansi materi kampaye dalam berbagai bentuk dan media, adanya hubungan kerebatan antara calon, dan substansi materi kampaye dalam berbagai bentuk dan media. Agar Kita Slalu berkerjasama yang baik untuk Pilkada tahun 2018 ini akan lebih aman, lancar, kondusif, dan akan lebih baik kedepan.

Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi bersama yang dibacakan oleh perwakilan dari Polres, Kesbangpol, Media massa, dan Parpol. dilanjutkan dengan pembubuhan tanda tangan dan pembagian stiker  Deklarasi bersama Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi Sara untuk masyarakat Kota Palangka Raya.#Kesbangpol Kota Palangka Raya/wl.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.