Breaking

Dispora Gelar Orientasi Bela Negara

BKBP, Palangka Raya – Pemuda sebagai generasi muda penerus perjuangan bangsa mempunyai peran yang besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karenanya pemerintah berkewajiban untuk memberikan pelayanan dan pemahaman pada pemuda agar memiliki semangat kejuangan, kesukarelaan, tanggung jawab, dan ksatria.

Kegiatan diikuti 90 orang utusan dari pelajar, mahasiswa, Karang Taruna, dan OKP di kota Palangka Raya, ungkap ketua pelaksana, Abramsyah, saat menyampaikan laporan Orientasi Kader Bela Negara yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Palagnka Raya, bertempat di Aula BP. Paud dan Diknas Provinsi Kalteng, Selasa (30/4/19).

Walikota Palangka Raya dalam sambutanya yang dibacakan Staf Ahli, Supriyanto, sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Orientasi Kader Bela Negara menyampaikan, dalam upaya pertahanan keamanan negara sebagaimana diatur dalam UUD 1945 pasal 30 ayat 1 dan 2, juga merupakan amandemen II UUD 1945 pada tanggal 18 Agustus 2000, yakni tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara, syarat-syarat tentang pembelaan dengan undang-undang.

Pemuda sebagai generasi muda penerus perjuangan bangsa mempunyai peran yang besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, selain itu, pemuda akan tampil sebagai garda terdepan dalam proses pembaharuan dan pembangunan, karena kekuatan bangsa dimasa mendatang tercermin dari kualitas sumber daya pemuda saat ini.

Pada undang-undang 40 tahun 2009 tentang kepemudaan dinyatakan bahwa, pembangunan kepemudaan bertujuan pemuda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokrasi, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiea kepimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam kerangka NKRI.

Supriyanto juga menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelayanan kepemudaan yang diberikan Pemerintah Kota Palangka Raya dalam mempersiapkan kader pemuda agar dapat memiliki jiwa kecintaan terhadap tanah air, menumbuhkan jiwa patriotisme serta memiliki keterampilan dasar dalam upaya bela negara. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.