Breaking

DPTb Sampai 17 Februari 2019

BKBP, Palangka Raya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Palangka Raya menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemuktahiran Data Pemilih pada Pemilu 2019, bertemapt di Aquarius Hotel, Rabu (6/02/19).

Rapat Koordinasi dibuka oleh ketua KPU Kota Palangka Raya, Ngismatul Choiriyah, dihadiri Bawaslu kota Palangka Raya, Rektor UPR, Rektor UMP, Rektor IAIN, Kodim 1016/Plk, Polres Palangka Raya, Dewan Masjid, MJ Palangka Raya Tengah, FKHM Palangka Raya, Kepala Lapas Palangka Raya, Kepala Rutan Palangka Raya,  Instansi Terkait, PPK Kecamatan, dan Relawan Demokrasi.

Dalam sambutanya, Ngismatul, mengatakan KPU Kota Palangka raya telah melakukan proses sesuai pentahapan pemilu antara lain “ Pemutakhiran terhadap Proses DPTb (Daftar Pemilih Tambahan), artinya warga yang sudah terdaftar dalam DPT di tempat asal (Luar Kota P.Raya) dan pindah ke wilayah kota Palangka Raya tetap dapat menggunakan hak pilihnya, dengan mekanisme mengurus Form A5 di KPU sampai dengan 17 Februari 2019 nanti ”, kata Ngismatul.

“Proses DPK (Daftar Pemilih Khusus) yaitu warga Palangka Raya yg sdh memiliki e-KTP tetapi belum masuk ke dalam DPT silahkan melapor ke KPU agar diakomodir hak pilihnya dalam DPK,” tambah Ngismatul.

Ditempat yang sama, Komisioner KPU Palangka Raya Divisi Data, Trasmiyanto menjelaskan, “kegiatan rakor ini juga bertujuan untuk memutkhirkan data pemilih, karena data pemilih kita sangat bergantung pada peristiwa kependudukan, diantaranya jika ada pemilih yang berpindah tempat sehingga dia tetap berhak menggunakan hak pilihnya di tempat yang baru bukan pada tempat dia terdaftar sebelumnya”, jelas Tras.

KPU kota Palangka Raya berharap agar seluruh warga masyarakat kota Palangka Raya bisa menyalurkan hak pilihnya pada 17 April 2019. Jadi partisipasi masyarkat itu bukan hanya ditunjukan dengan datangnya ke TPS saja, tetapi juga dengan memastikan dirinya sudah terdaftar sebagai pemilih di pemilu 2019 baik terdaftar di DPT, DPTb, dan DPK. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.