Breaking

FKUB Sebagai Perekat Kerukunan Umat Beragama di NKRI

BKBP, Palangka Raya – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Surabaya melaksanakan kunjungan kerja di Kota Palangka Raya yang dipimpin oleh Ketua FKUB Kota Surabaya, Muhammad Yazid.

Sebanyak 16 orang pengurus FKUB Kota Surabaya diterima oleh Pemerintah Kota Palangka Raya, dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Palangka Raya, H. Mahlani, didampingi Kepala Kemenag Kota Palangka Raya, dan unsur FKUB Kota Palangka Raya, bertempat di ruang Petang Karuhei II, Selasa (9/7/19).

Mahlani, dalam sambutanya mengatakan, kondisi kota Palangka Raya saat ini aman tertib dan kondusif dalam proses bermasyarakat, “ kerukunan dan kesejukan dalam umat beragama di kota Palangka Raya didasari beberapa factor, diantaranya toleransi yang tinggi, kebersamaan, dan kekeluargaan yang didalam keluarga tersebut terdapat bermacam agama, juga di Kalimantan Tengah sangat memegang teguh palsafah Huma Betang”.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kemenag Kota Palangka Raya, H. Baihaqi, sampai saat ini kondisi kerukunan umat beragama di kota Palangka Raya sangat terjaga dengan baik, sejuk tidak ada gesekan apapun yang terjadi karena permasalahan agama, jika pun ada gesekan, maka itu terjadi karena sebuah kepentingan.

Pada kesempatan yang sama, Muhammad Yazid selaku Ketua FKUB Kota Surabaya menyampaiakan, bahwa kunjungan saat ini membahas tentang upaya-upaya dalam pencegahan konflik yang timbul di masyarakat khususnya antar umat beragama juga langkah-langkah mekanisme pencegahanya, serta peran FKUB sebagai perekat kerukunan umat beragama di NKRI.

“ Selama di Kota Palangka Raya, selain berkunjung ke Sekretariat FKUB Kota Palangka Raya dan Kantor Kemenag, kami juga akan mengunjungi rumah ibadah yang ada di Kota Palangka Raya, seperti Masjid Raya Darussalam, Gereja Paroki Santa Maria, dan Vihara Avalokitesvara untuk berdialog langsung dengan pengurus rumah ibadah”, ucap Yazid. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

 

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.