Breaking

Fordayak Goes To Campus; Semangat Kebangsaan Falsafah Huma Betang

BKBP, Palangka Raya – Forum Pemuda Dayak (Fordayak) Palangka Raya selenggarakan kuliah umum di Sekolah Tinggi Manajemen Infomatika Komputer (STMIK) Palangka Raya dengan thema ” Merawat Semangat Kebangsaan Generasi Milenial Indonesia Melalui Penerapan Hidup Bersama Berdasarkan Falsafah Huma Betang di Kalimantan Tengah”, menghadirkan dua narasumber, yakni Kabid Humas Polda Kalteng, dan Budayawan Kalteng sekaligus Pelaku Seni, Cendana Pytra, bertempat di Aula STMIK Palangka Raya, Sabtu (23/3/19).
 
Ketua pelaksana, Kilat Kasanang dihadapan 400 mahasiswa STMIK yang hadir mengatakan, kuliah umum ini juga merupakan sosialisasi kepada mahasiswa generasi milenial tentang salah satu kearifan lokal suku dayak Kalimantan Tengah yaitu “Falsafah Huma Betang”. Falsafah Huma Betang merupakan salah satu falsafah yang dimiliki masyarakat Dayak Kalteng dengan konsep bebas terpimpin. Budaya huma betang diimplementasikan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, hidup rukun damai berdampingan dengan banyak perbedaan dalam bingkai Bhinika Tunggal Ika.
 
Bambang Irawan, Ketua Umum Fordayak Kalimantan Tengah mengatakan, kegiatan ini untuk menciptakan karakter pemuda yang ada di Kalimantan Tengah untuk selalu merawat semangat kebangsaan melalui penerapan Falsafah Huma Betang, sangat menjunjung tinggi perdamaian dan anti kekerasan serta hidup toleransi yang tinggi antar-umat beragama. Huma Betang itu nyata, dan kebhinekaan itu nyata.
 
“ Kita diajarkan oleh leluhur kita bagaimana hidup rukun di dalam Huma Betang, hidup bersama, hidup berdampingan, dan selalu bisa menghargai sesamnya “, ujar Bambang. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.