Breaking

Forkopimda Kota Palangka Raya Kaji Banding di Kabupaten Klungkung

BKBP, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, bersama unsur Forkopimda Kota Palangka Raya, dan beberapa pimpinan OPD juga anggota DPRD Kota Palangka Raya lakukan kunjungan kerja terkait Urusan Pemerintahan Umum yang menjadi tugas  pokok dan fungsi Forkopimda, peran fungsi Kelembagaan adat dalam mendukung Kamtramtibmas dan membangun ekonomi lokal serta pengembangan UMKM berbasis desa wisata.

Rombongan disambut hangat Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta, bersama dengan unsur Forkopimda Pemkab Klungkung di Aula Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Selasa (30/7/19).

I Made Kasta dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Klungkung merupakan Kabupaten yang paling kecil dari 9 (sembilan) Kabupaten dan Kodya di Bali, terletak diantara batas-batas disebelah utara Kabupaten Bangli. Sebelah Timur Kabupaten Karangasem, sebelah Barat Kabupaten Gianyar, dan sebelah Selatan Samudra India, dengan luas : 315 Km ², dengan jumlah penduduk sekitar 215 ribu jiwa.

Wilayah Kabupaten Klungkung sepertiganya ( 112,16 Km ²) terletak diantara pulau Bali dan dua pertiganya ( 202,84 Km ² lagi merupakan kepulauan yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Menurut penggunaan lahan di Kabupaten Klungkung terdiri dari lahan sawah 4.013 hektar, lahan kering 9.631 hektar, hutan negara 202 hektar, perkebunan 10.060 hektar dan lain-lain 7.594 hektar, ungkap Imade Kasta.

Selain itu, I Made Krisna memaparkan, Pemerintah Kabupaten Klungkung memeberikan perlindungan dan penghormatan pada kesatuan masyarakat hukum adat dan hak-hak tradisionalnya, melembagakan peran dan tanggung jawab lembaga adat dalam menjaga dan mengembangkan tradisi, seni dan budaya, serta kearifan lokal yang merupakan warisan budaya bangsa, serta menyelenggarakan pembangunan dengan mengarusutamakan Kebudayaan Bali yang dijiwai filosofi Tri Hita karana yang dijabarkan dalam kearifan lokal Sad Kerthi.

Bentuk bantuan pemerintah terhadap UMKM di Klungkung tidak hanya dalam bentuk sarana prasarana saja, tetapi juga bantuan anggaran atau permodalan. Masyarakat atau pelaku UMKM di Klungkung harus bisa menjadi tuan rumah didaerah sendiri, sehingga saat berkompetisi tidak berbicara dari mana, tetapi siapa yang kuat, mampu bertahan dan siapa yang inovatif itu yang akan mampu menang dalam persaingan, imbuhnya.

Sementara itu, Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin dalam sambutanya menyampaikan, maksud dan tujuan kunjungan ke Kabupaten Klungkung untuk mendapatkan masukan  dan bahan implementasi terkait  pelaksanaan Urusan Pemerintahan Umum yang menjadi tugas  pokok dan fungsi Forkopimda, dan peran fungsi Kelembagaan adat dalam mendukung Kamtramtibmas juga membangun ekonomi lokal serta pengembangan UMKM berbasis desa wisata  di wilayah Kota Palangka Raya.

“Terima kasih kepada Wakil Bupati Klungkung sudah banyak memberikan masukannya, ini sangat sesuai dengan Visi Misi kami Kota Palangka Raya maju, rukun, dan sejahtera untuk semua dengan ekonomi cerdas, masyarakat cerdas, dan lingkungan cerdas”. Ungkap Fairid.  #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.