Breaking

FKDM

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat yang selanjutnya disebut FKDM adalah wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat. FKDM Kota Palangka Raya dibentuk  berdasarkan SK Walikota Palangka Raya No. 473 Tahun 2014.

Kewaspadaan dini masyarakat adalah kondisi kepekaan, kesigapan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana, baik bencana perang, bencana alam, maupun bencana karena ulah manusia dan lebih detil tugas dari FKDM adalah:

  1. Menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasi data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman, keamanan, gejala atau peristiwa bencana dalam rangka upaya pencegahan dan penangulangan secara dini
  2. Memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan bagi walikota palangka raya mengenai kebijakan yang berkaitan dengan kewaspadaan masyarakat.

Untuk Kepengurusan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kota Palangka Raya ( FKDM ) tahun 2018, masih dalam proses untuk penerbidtan yang terbaru.

Permendagri No. 2 Tahun 2018 Tentang Kewaspadaan Dini