Breaking

FPK Penting Untuk Kerukunan Nasional

BKBP, Palangka Raya – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya menggelar sosialisasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di Aula Kesbangpol, Rabu (12/12/18).

Sosialisasi tersebut diikuti 100 peserta terdiri dari mantan walikota dan wakil walikota Palangka  Raya, perwakilan dari 5 kecamatan, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Turut hadir, sebagai pembicara Kepala Badan Kesbangpol, Ir. Januminro, Dosen Universitas Palangka Raya, Dr. Sangking, dan Kasdim 1016/Plk, Wiyanto.

Dalam sambutannya Walikota Palangka Raya, melalui Stap Ahli Bidang Pemerintahan, Renson, berharap tidak ada terjadi konflik lintas etnis.

Masyarakat diminta mengedepankan toleransi, menghargai perbedaan dan mau menerima kemajemukan sebagai kenyataan. 

“Forum Pembauran Kebangsaan ini merupakan bagian penting dari kerukunan nasional yang akan memperkokoh integritas bangsa dalam pembauran kebangsaan akan ditingkatkan penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia dengan tekad untuk berkehidupan yang bebas, merdeka serta cinta tanah air,” ungkap Renson.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya, Ir. Januminro mengatakan, ”Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) yang telah dibentuk merupakan wadah informasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antarwarga yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan,” ucapnya.

Pembauran kebangsaan masih perlu diperjuangkan dengan sungguh-sungguh karena hingga saat ini bangsa Indonesia masih dihadapi dengan konflik antarras, etnik, suku bangsa, bahasa, kebudayaan, daerah asal secara geografik dan agama, konflik yang terjadi tersebut karena perasaan ego yang berlebihan dan semakin memudarnya rasa toleransi

Pada kesempatan yang sama Ir. Triono, Sekretaris Ketua Forum Pembauran Kebangsaan kota Palangka Raya mengatakan, sosialisasi pembauran kebangsaan adalah upaya untuk memasyarakatkan program pembauran kebangsaan agar dapat dipahami dan dihayati oleh masyarakat secara luas. #Badan Kesbangopol Kota Palangka Raya/rzl.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.