Breaking

Hari Sumpah Pemuda Ke- 89 dan Ikrar Bersama Anak Bangsa 2017

BKBP – Palangka Raya – Pemerintah Kalimantan Tengah melaksanalan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017, di Lapangan Sanaman Mantikei, Sabtu (28/10/2017). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Habib Ismail) dengan Komandan Upacara Muhammad Aldhetya Aswatra (Alumni STPDN staf Protokoler Pemkot Palangka Raya).

Upacara ini dihadiri oleh seluruh perwakilan dari 13 Kabupaten dan 1 Kota se Kalimantan Tengah. Dalam sambutan tertulisnya Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, menyampaikan bahwa kita patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda. “Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya,” kata dia.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Presiden Republik Indonesia yang pertama, Bung Karno pernah menyampaikan, ”Jangan mewarisi abu sumpah pemuda tapi warisilah api sumpah pemuda. Kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang yang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir,” ucap dia.

Ia juga meminta untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, dan menghentikan segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa. “Kita seharusnya malu dengan para pemuda 1928 dan juga kepada Bung Karno marena masih harus berkutat di soal-soal ini. Sudah saatnya kita melangkah ketujuan lain yang lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahtraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olah Raga dalam sambutannya.#Rizal

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.