Breaking

I Love Kutak Itah & Ransel Buku, Lombakan Lagu Dayak Ngaju di HUT RI ke-73

BKBP, Palangka raya – Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke- 73 Tahun 2018, komunitas I Love Kutak Itah bekerja sama dengan Ransel Buku Kelurahan Petuk Katimpun, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya menyiapkan acara istimewa bagi anak-anak sekitarnya. Berbagai perayaan selalu digelar untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain diadakan pertandingan ketangkasan anak-anak juga diadakan lomba Lagu Dayak Ngaju antar pelajar se Petuk Katimpun. Jumat (17/8/18).

Anak-anak pelajar dapat ikut serta dalam berbagai lomba khas Hari Kemerdekaan. “Untuk menyemarakkan hari Kemerdekaan Indonesia ini, seluruh anak-anak pelajar yang berada di Petuk Katimpun turut berpartisipasi, dimulai dengan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dan dilanjutkan dengan lomba khas hari kemerdekaan.

Rangkaian acara memperingati Kemerdekaan RI yang diadakan oleh komunitas I Love Kutak Itah kerja sama dengan Ransel Buku seperti balap karung, lomba joget, balap kelereng, makan kerupuk, masukin air dalam botol, dan lomba lagu Dayak Ngaju, perlombaan dimulai dari pukul 08.00-17.00 WIB. Untuk juara lomba lagu Dayak Ngaju juara I diaraih Nurjanah, juara II Dina Melinda, dan Muhammad Rifky juara III.

Abey, founder komunitas I Love Kutak Itah sekaligus ketua panitia pelaksana kegiatan mengatakan, maksud dan tujuan acara lomba lagu Dayak Ngaju adalah supaya anak anak Petuk Katimpun di tepian sungai Rungan ini percaya diri untuk bisa tampil di depan umum, membangkitkan kembali kebanggaan untuk menggunakan bahasa dayak ngaju dalam kehidupan sehari hari lewat lagu lagu dayak ngaju.

Masyarakat bisa lebih peduli dengan budaya, dalam hal ini bahasa dayak ngaju atau kutak itah,  sehingga dengan membiasakan diri menggunakan bahasa dayak ngaju otomatis hal hal yg berhubungan dengan budaya lokal dan kearifan lokal dayak ngaju bisa terus terpelihara dan terjaga, terangnya.

Sementara ditempat terpisah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Palangka Raya, Ir. Januminro, selaku pendukung acara lomba Lagu Dayak Ngaju tersebut mengatakan, Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya memberikan apresiasi dan dukungan atas penyelenggaraan acara tersebut. Kegiatan tersebut, merupakan langkah nyata untuk tetap menjadikan bahasa daerah sebagai bagian dari identitas keberagaman Indonesia.

Fery Irawan, selaku pengelola dan penanggung jawab Ransel Buku menjelaskan, Ransel Buku berdiri sejak tahun 2012, adalah rumah baca dan belajar, kegiatannya menggalakkan literasi membaca buku, belajar mengajar, belajar bahasa inggris, tari tradisional, komputer, musik tradisional, dan ada juga perahu Ransel Buku yang membawa buku-buku bacaan ke desa-desa pinggiran sungai Rungan dan Kahayan.

melewati kegiatan lomba lagu Dayak ngaju anak-anak dalam memeriahkan HUT RI ke-73 ini, mari kita lestarikan, kita angkat kembali budaya local dan kearifan local Dayak di pinggiran sungai Rungan ini, tutupnya. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.