Breaking

Jukung Hias Warnai Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019

BKBP, Palangka Raya – Gong Pemilu 2019 sudah mulai ditabuh. Nomor urut partai politik, nomor urut calon presiden hingga daftar caleg sudah ditetapkan. Mengawali masuknya masa kampanye, KPU Prov Kalteng gelar acara deklarasi kampanye damai yang dimeriahkan dengan carnaval Jukung hias khas Kalteng, bertempat di pelabuhan Plamboyan Palangka Raya, Minggu (23/9/18).

Deklarasi ini dihadiri dan diikuti Ketua DAD Kalteng (mewakili Gubernur Kalteng), Pj. Sekda Prov Kalteng, Banwaslu Kalteng, KPU Kota Palangka Raya, dan peserta Pemilu 2019, penggiat Pemilu dan masyarakat.

Tahun ini untuk pertama kalinya dalam sejarah digelar Pemilu serentak. Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR, DPRD hingga DPD. Semua kader partai, tim pemenangan mulai bergerak ke segala lini masyarakat.

Pemilu damai dideklarasikan serentak diseluruh Indonesia dengan thema Menolak Hoax, Politisi Sara dan Politik Uang. Karena pemilu sejatinya merupakan pesta rakyat. Rakyat menjadi pemilik suara tertinggi untuk menentukan pemimpin bangsa di masa mendatang.

Haramain, Ketua KPU Prov Kalteng mengatkan, “deklarasi damai dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia, dengan ciri khas masing-masing. Kalimantan Tengah ingin mengangkat budaya lokal dan mendekatkan kita dengan kehidupan nyata para pendahulu kita, yaitu dekat dengan bantaran sungai, inilah kehidupan asli orang dayak, oleh karena itu KPU Kalteng melaksanakan carnval menggunakan jukung hias yang diikuti oleh seluruh peserta pemilu 2019. nantinya calon anggota DPD bisa menaiki kapal tersebut berkeliling sepanjang DAS Kahayan ini.

Deklarasi ini mengambil Sub thema Hapakat Hinje Aluh Hakabeken “road to 2019 Election” (satu dalam perbedaan menuju pemilu 2019), semangatnya adalah semangat persaudaraan, mengedepankan persaudaraan, walaupun kenyataanya kita berbeda, berbeda suku, ras, agama, warna, dan berbeda pilihan namun semangatnya kita tetap satu persaudaraan. Inilah semangat deklarasi damai yang diharapkan, jauh dari poitisasi sara, persebaran hoax, apa lagi politik uang.

Haramain berharap dengan semangat ini kita bangun politik yang lebih bagus lagi hususnya di kalteng dimulai dari para peserta pemilu dengan semangat kebersamaan,” Tutupnya. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.