Breaking

Kaban Kesbangpol Berikan Materi Workshop Pengembangan Pengawasan Pemilu Partisipatif

BKBP, Palangka Raya – Bawaslu Kota Palangka Raya menggelar Raker/Workshop Pengembangan Pengawasan Pemilu Partisipatif di Neo Hotel Palangka Raya, Kamis (6/12/18).

Kegiatan tersebut dalam rangka pemilihan Umum anggota DPR, DPD dan DPRD serta Pemilihan Umum Presiden dan wakil presiden 2019, diikuti oleh pewakilan Panwas Kecamatan Se-Kota Palangka Raya.

Komisioner Bawaslu Palangka Raya, Eko Wahyudi mengatakan, pemilu yang bersih, jujur, dan adil semua harus berintegritas. Para penyelenggara harus menjaga integritasnya, tidak ada toleransi pada yang namanya pelanggaran, begitu juga proses dan hasil dari pemilu itu sendiri, harus berintegritas juga.

“Jika peran semua pihak dalam menjaga integritasnya, ialah melawan keras money politik dan segala macam bentuk kecurangan, maka pesta demokrasi akan berlangsung sebagaimana yang telah diamanatkan dalam undang- undang,” kata Eko.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya, Ir. Januminro dalam paparanya mengatakan, “ tingkat partisipasi pemilih masyarakat kota Palangka Raya pada pilkada kemaren kita agak turun, meskipun kalo dibandingkan dengan pilgub dahulu agak naik sedikit. Olehkarena itu kita harapkan bahwa partisipasi pemilih bisa diyakinkan agar lebih meningkat lagi pada pemilu 2019, baik pelaksanaannya dan terpenting kwalitas proses pemilu itu sendiri,” tuturnya. 

Selain itu ada beberapa hal yang menjadi catatan, yaitu akan terjadinya kontestasi atau persaingan yang ketat antara peserta pemilu 2019 nanti, terutama caleg untuk DPRD kota Palangka Raya antara petahana dengan caleg-caleg yang baru pada dapil yang sama.

Dapil yang “senyap” pun harus lebih kita tingkatkan kewaspadaannya,  jangan sampai kasus pada pilkada kemaren terulang lagi. Justru di daerah yang senyap itu biasanya kita kecolongan. Ungkap Januminro.

Oleh karena itu, tugas kita bersama dalam mewujudkan kesuksesan pemilu 2019 tanpa adanya kecurangan, masyarakat dan semua elemen bisa bersinergitas dalam pengawasan partisipatif pemilu 2019 nanti, tutup Januminro. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.