Breaking

Kaban Kesbangpol Hadiri Rakor Tim Terpadu Penanganan Komflik Pasca Pemilu 2019

BKBP, Palangka Raya – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Palangka Raya, Ir. Januminro, menghadiri Rakornas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Pasca Pemilu 2019 bertempat di Ballroom Hotel Grand Paragon Jakarta, Kamis (16/5/19).

Acara yang dihadiri Mendagri Tjahjo Kumolo, mewakili Panglima TNI, mewakili Kapolri, juga peserta yang hadir para Gubernur, Bupati / Walikota, Kaban Kesbangpol, dan Kabid Kewaspadaan Nasional se-Indonesia dibuka oleh Menkopolhukam Jend.TNI (Purn) Dr.H.Wiranto, Dalam sambutannya menyampaikan, dalam rangka menjaga situasi keamanan, ketertiban, kenyamanan masyarakat terutama paska pemilu serentak tahun 2019 akibat kesalahpahaman terjadi yang layaknya diantisipasi karena dapat menimbulkan konflik diantara kita yang dapat mengganggu stabilitas nasional yang berdampak pada pembangunan nasional.

Pada kesempatan yang sama, Mendagri, Tjahjo Kumolo mengatakan, Penanganan konflik sosial merupakan wujud dari upaya Deteksi Dini, Cegah Dini dari gejala-gejala yang timbul dimasyarakat khususnya dalam kesempatan ini antisipasi paska pemilu serentak 2019 yang merupakan pemilu spektakuler, dan telah sama-sama kita cermati baik di media televisi dan media sosial lainya diharapkan sinergitas berbagai unsur, TNI, Polri, Unsur Pemerintah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat serta Forum-forum dalam mengantisipasi konflik sosial.

Menurut Tjahjo, kegiaan ini merupakan bentuk antisipasi konflik yang dapat mengakibatkan terganggunya stabilitas nasional juga mengganggu pembangunan nasional. Tujuannya untuk mewujdukan dan meningkatkan koordinasi, keterpaduan, serta sinergitas seluruh aparatur pemerintah pusat dan daerah.

Dirjenpolpum Sudarmo selaku Ketua Panitia Penyelenggara mengatakan, adapun maksud kegiatan ini adalah membangunkan sinergitas dalam rangka merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa paska pemilu serentak 2019, guna mewujudkan peningkatan koordinasi aparatur antara Pemerintah Pusat dan Daerah serta pemberian penghargaan capaian kinerja tim terpadu tahun 2018.

Beberapa penghargaan Tim Terpadu Penangan Konflik Sosial diberikan kepada lima provinsi dengan nilai tertinggi yakni, peringkat I Kabupaten Lamongan dan Provinsi Jawa Timur, peringkat II Kabupaten Gunung Kidul dan Provinsi Jogyakarta, peringkat III Kabupaten Maluku Utara dan Prov.Maluku, peringkat IV Kabupaten Lampung Selatan dan Provinsi Lampung, dan peringkat V diberikan kepada Kabupaten Banda Aceh dan Provinsi Aceh. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/wily-rzl

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.