Breaking

Koordinasi Verifikasi Bantuan Keuangan Parpol.

BKBP, Palangka Raya – Selaku Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Palangka Raya dan  Selaku Ketua Tim Verifikasi Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik, melakukan koordinasi dan menyerahkan berkas untuk bahan Audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Propinsi Kalimantan Tengah terhadap Bantuan Keuangan yang sudah disalurkan kepada Partai Politik di wilayah Kota Palangka Raya Tahun 2017, bertempat di Kantor BPK Kalteng Selasa (13/3/18).

Sesuai Undang-Undang No. 2 Tahun 2008 Tentang Partai Politik, Peraturan Pemerintah No. 83 Tahun 2012 Tentang Bantuan Keuangan kepada Partai Politik,  setiap Partai Politik yang mendapat suara sah dan memiliki kursi di DPRD mendapat Dana Bantuan Keuangan dari Pemerintah Kota Palangka Raya.

Sesuai dengan Permendagri  No. 26 Tahun 2012, Kepala Badan Kesbangpol ditetapkan sebagai Ketua Tim Verifikasi sebelum Bantuan Keuangan disalurkan kepada Partai Politik di wilayah Kota Palangka Raya. Selain sebagai Verifikator, Badan Kesbangpol juga melakukan kegiatan pendampingan dalam penggunaan  melalui Bimbingan Teknis. Dari hasil Audit Badan Pemeriksa Keungan, secara administrasi terjadi perbaikan atas penggunaan dana yang telah disalurkan dan dipertanggungjawabkan oleh Pangurus Partai.

Sebagai Ketua Tim Verifikasi, oleh Undang-Undang diberi mandat untuk menolak menyalurkan Bantuan Kepada Partai Politik yang secara administrasi tidak lengkap atau terjadi Konflik di internal Partai.

Tugas berat selain menjaga  kesatuam bangsa, juga mengawal penyaluran Bantuan Keungan kepada Partai Politik agar dapat digunakan secara transparan dan akuntabel.#Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/Januminro

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.