Breaking

KPU Gelar Rakor Tata Cara Perhitungan Kursi

BKBP, Palangka Raya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya menggelar Rapat Koordinasi tata cara penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih DPRD Kota Palangka Raya dalam pemilu 2019, bertempat di Aquarius Hotel, Jumat (12/4/19).

Kegiatan dihadiri oleh Kapolres Palangka Raya, Komisioner Bawaslu Kota Palangka Raya, yang mewakili Dandim, Badan Kesbangpol dan Ketua Partai Politik Peserta Pemilu Kota Palangka Raya Thn 2019.

Kegiatan dibuka oleh Ketua KPU Kota Palangka Raya, DR. Ngismatul Choiriyah yang dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan bertujuan dalam rangka memperkecil/meniadakan perbedaan-perbedaan yang akan terjadi pasca perhitungan suara sampai dengan proses rekapitulasi berdasarkan PKPU No.5/2019.

Dijelaskan bahwa C1 Hologram dan C1 Salinan wajib ditulis tangan, juga harus ditandatangan asli dan dimasukan dalam kotak suara. Selanjutnya dalam proses perhitungan suara bahwa Situng tidak dijadikan angka terakhir namun yang dipakai adalah hitung manual.

Isma menyampaikan juga, dalam simulasi perhitungan jumlah kursi yang menggunakan pembagian ganjil 1 3 5, misalnya partai A pada pemilu 2019 nanti meraih sekitar 300 ribu suara di dapil I yang terdapat 8 kursi tersedia. Sementara partai B dan seterusnya hanya meraih dibawah 50 suara. Maka, jumlah kursi yang didapat partai A akan cukup banyak.

Dialokasi untuk kursi pertama partai A sudah dapat, kemudian dialokasi kursi kedua, jika dibagi 3 suara partai A masih diatas partai-partai lainya(100 ribu), maka alokasi kedua didapat partai A. selanjutnya dialokasi kursi ketiga, jika dibagi 5, suara partai A sebanyak 60 ribu masih diatas partai B dan lainnya, maka kursi tersebut masih untuk partai A, dan dihitung lagi selanjutnya.

“Untuk jadwal kota Palangka Raya, tanggal 28 April sampai dengan 1 Mei 2019 merupakan rekapitulasi, kemudian untuk penetapan perolehan kursi paling lambat tiga hari setelah ada daftar pengaduan ke MK, jika tidak ada gugatan atau pengaduan dari peserta pemilu maka bisa langsung dilaksanakan penetapan kursi.

Pemberitahuan dan pengumuman ke peserta pemilu terkait perolehan kursi ini paling lama tiga hari setelah hasil penetapan, sedangkan untuk peresmian keanggotaan legislative akan dilaksanakan sekitar bulan Juli sampai Agustus 2019, dan pengucapan sumpah janji dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2019,” tambah Isma.

Pada saat ahir kegiatan, Kapolres Palangka Raya, Timbul Siregar menyampaikan kepada semua undangan yang hadir, agar selalu mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak golput, dan menjaga situasi dan kondisi lingkungan tetap kondusif. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.