Breaking

KPU Palangka Raya Plenokan 3 Kecamatan

BKBP, Palangka Raya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2019 Tingkat Kota Palangka Raya secara terbuka hasil Pemilu 2019 untuk Kecamatan Rakumpit, Sabangau, dan Bukit Batu, bertempat di Aula Disbudpar Kota Palangka Raya, Rabu (1/5/19).

Hadir dalam rapat tersebut antara lain Kapolres Palangka Raya, Dandim 1016/Plk, Komisioner KPU Kota Palangka Raya, Komisioner Bawaslu Kota Palangka Raya, Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya, Ketua dan Anggota PPK, Ketua Parpol, Para Caleg dari Parpol peserta Pemilu, dan para Saksi dari Partai Politik.

Kegiatan dibuka oleh Ketua KPU Kota Palangka Raya, Ngismatul Choiriyah, dalam sambutannya mengatakan bahwa Rapat Pleno Rekapitulasi hari ini dilaksanakan untuk tiga Kecamatan yang sudah selesai melakukan Pleno Rekapitulasi di Tingkat Kecamatan.

Selanjutnya proses rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU Kota merupakan hasil dari proses rekapitulasi dari kecamatan berdasarkan form DA1. Adapun penetapan Kursi utk Parpol dan Anggota Legislatif oleh KPU Kota Palangka Raya akan dilakukan setelah tiga hari berdasarkan rilis MA.

“Pleno terbuka dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dengan agenda membacakan DA1 atau sertifikat rekapitulasi di tingkat kecamatan,” kata Ngismatul Choiriyah.

Dia mengatakan, pada hari ini ada tiga PPK yakni Kecamatan Buktit Batu, Kecamatan Rakumpit dan Kecamatan Sabangau yang akan membacakan hasil rekap tingkat kecamatan, sementara untuk pembacaan rekapitulasi PPK dari Kecamatan Jekan Raya dan Kecamatan Pahandut di pleno terbuka tingkat Kota Palangka Raya besok Kamis 2 Mei akan dilaksanakan.

Dia mengungkapkan, jadwal pleno rekapitulasi tingkat Kota Palangka Raya sendiri mengalami kemunduran dari yang sebelumnya dimulai Selasa 30 April menjadi hari ini Rabu 1 Mei 2019. “Hal ini karena rekapitulasi di tingkat kecamatan terutama Jekan Raya dan Pahandut berlangsung alot karena atas permintaan saksi surat suara di sejumlah TPS harus dihitung ulang,” katanya.

“Untuk permasalahan perhitungan suara sudah diselesaikan di tingkat kecamatan. Hal ini karena saat pleno di tingkat kota sudah tidak boleh membuka kotak suara lagi,” katanya.

Sementara terkait antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat sepenuhnya aparat keamanan telah siap siaga dan menjamin keamanan selama proses pemilu berlangsung. Ngismatul juga berharap dalam pelaksanaan proses rekapitulasi hari ini dan besok bisa berjalan lancar dan  aman, tutupnya. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.