Breaking

Launching Pilgub Kalteng 2020, Masa Jabatan Hasil Pilkada 2020 sampai 2024

Foto bersama Komisioner KPU Prov. Kalteng, KPU RI, Asisten II Prov. Kalteng, Mantan Wagub Kalteng, Mantan Walikota Palangka Raya, Unsur Forkopimda Prov. Kalteng

BKBP, Palangka Raya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah, menggelar Launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020. Bertempat di Ballroom Hotel Bahalap Palangkaraya, Rabu (4/12).

Turut hadir pada acara tersebut Komisioner KPU RI, Komisioner KPU se Kalteng, Bupati dan Wakil Bupati se Kalteng, Wakil Walikota Palangka Raya, Mantan Wakil Gubernur Kalteng, mantan Walikota Palangka Raya, Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Partai Politik, dan Pelajar.

Komisioner KPU RI, Hasyim Asy’ari saat memberikan sambutan pada acara Launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020

Komisioner KPU RI,  Hasyim Asy’ari dalam sambutanya mengatakan, kepada seluruh KPU se Kalteng hususnya KPU Provinsi dan Kabupaten Kotim yang tahun 2020 ini melaksanakan pemilihan Gubernur dan pemilihan Bupati agar tetap semangat, atur strategi bagaimana meningkatkan partisipasi masyarakat, terlebih lagi perlu perhatian instan untuk wilayah yang menjadi perbatasan antara Provinsi dan batas Kabupaten.

Hampir seluruh Provinsi di Indonesia akan melaksanakan PILGUB dan PILBUP, hanya provinsi Aceh dan DKI yang tidak melaksanakan pilkada. Kalimantan Tengah termasuk yang akan melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Kabupaten Kotim untuk pemilihan Bupati.

“ Untuk pilkada 2020 nanti, UU Nomor 10 tahun 2016 yang mengatur tentang pilkada menyebutkan, hasil pilkada 2020 masa jabatanya hanya sampai 2024 saja.  Jadi bagi yang mendaftar untuk menjadi kepala daerah harus tau itu ”, ungkap Hasyim.

Hasyim menambahkan, “masa jabatan kepala daaerah yang terpilih dipilkada 2020 akan berakhir di tahun 2024, sehingga ada 3-4 tahun saja dia menjabat, artinya tidak sampai 5 tahun seperti biasanya”.

Wakil Walikota palangka Raya dan Bupati/Wakil Bupati Se Kalteng saat menghadiri acara Launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020

“ Misalnya masa jabatan gubernur Kalteng yang akan berakhir pada 25 Mei 2021, jika yang terpilh pada pilkada 2020 ini, maka pada 2024 nanti masa jabatanya akan berakhir, dan kita akan melanjutkan Pemilu Nasional secara serentak seluruh Indonesia”, terang Hasyim. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.