Breaking

Napi Bisa Nyoblos, Disdukcapil Rekam E-KTP Warga Binaan Lapas Narkotika Kasongan

BKBP, Palangka Raya – Terlihat dari depan seperti sebuah kantor yang megah, ketika masuk kedalam suasananya seperti asrama, bersih, rapi, tenang dan damai, orang-orang di dalamnya sangat sopan dan ramah menyambut kami yang datang. Tak ada kesan bahwa ternyata ini adalah penjara bagi terpidana narkoba. Sejak 2013 sudah mulai dihuni oleh beberapa napi yang tersangkut urusan narkoba. Inilah Lapas Narkotika Kasongan yang dihuni oleh 61 napi perempuan dan 240 napi laki-laki, diantaranya tercatat 123 orang napi warga kota Palangka Raya.

Berdasarkan surat permohonan KPU Kota Palangka Raya Nomor. 943/PL-03.1.SD/6271/Kota/X/2018, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Palangka Raya melakukan perekaman e-KTP kepada warga binaan di Lapas Narkotika Kasongan, Kamis (6/12/18).

Kabid. Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Lukman menjelaskan “perekaman e-KTP dilakukan agar para penghuni Lapas Narkotika Katingan yang berasal dari kota Palangka Raya dapat mengikuti Pemilu serentak pada 17 April 2019 mendatang. Sengaja kita lakukan jemput bola ini untuk memudahkan warga binaan untuk memiliki e-KTP karena kondisi warga binaan yang tidak bisa datang langsung ke Disdukcapil,” jelasnya.

Ada 78 orang warga binaan berasal dari kota Palangka Raya di Lapas Narkotika Kasongan yang diminta KPU kota Palangka Raya agar dilakukan pengecekan Nomor Kartu Keluarga (NKK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Setelah dilakukan pencarian berdasarkan NIK oleh Disdukcapil, ditemukan sebanyak 37 orang sudah mempunyai NIK, dari 37 orang tersebut ditemukan ada 24 orang yang belum melakukan perekaman, 1 orang sudah bebas, sehingga hanya 23 orang saja yang dilakukan perekaman.

Pada kesempatan yang sama, Disdukcapil juga memberikan kesempatan untuk dilakukan perekaman tambahan kepada 3 orang warga Palangka Raya yang sudah mempunyai NKK dan NIK diluar daftar dari KPU, perekaman kesulurhan untuk warga Palangka Raya yang menjadi warga binaan Lapas Narkotika Kasongan berjumlah 26 orang.

Kalapas Narkotika Kasongan, melalui Kasubsir Registrasi, Ahmad mengatakan “sangat berterima kasih dengan Pemerintah kota Palangka Raya melalui Disdukcapil sudah melakukan perekaman bagi warga binaan Lapas Narkotika Kasongan untuk kepentingan Pemilu 2019. Mudah-mudahan semua warga binaan Lapas Narkotika Kasongan bisa mengikuti dan mensukseskan Pemilu Serentak 2019 nanti,” kata Ahmad.

Salah satu warga Palangka Raya binaan Lapas Narkotika Kasongan, M. Haris yang sisa menjalani masa tahanan 3 tahun lagi sangat senang dengan dilaksanakannya perekaman ini, “Alhamdulillah saya bisa ikut mencoblos 2019 nanti,” ungkapnya dengan wajah gembira. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.