Breaking

Panggung Suara Kebangsaan, Ingatkan Kembali Masyarakat Pemilukada 2018

BKBP, Palangka Raya – Berbagai cara dilakukan Pemerintah Kota Palangka Raya untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun ini. Salah satunya dengan menggelar panggung kesenian bertajuk Panggung Suara Kebangsaan yang digagas Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya. Bundaran Besar, Minggu (29/4/18).

Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Palangka Raya, Mahlani, ditemui di sela-sela acara Panggung Suara Kebangsaan, mengatakan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan kesadaran mengenai pentingnya peran serta masyarakat dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota. 

Ia mengatakan Kesbangpol selaku leading sector pelaksanaan Panggung Suara Kebangsaan, Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya menggandeng pihak-pihak terkait seperti KPU, Panwaslu serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk memberi pemahaman kepada masyarakat.

“Kita berharap dengan adanya panggung suara kebangsaan ini peran serta masyarakat kota Palangka Raya lebih meningkat. Kita berharap dalam pelaksnaan (Pilkada) ini juga berjalan dengan lancar aman dan tertib. Itu harapan kita. Sehingga pada saat-saat seperti ini kita mensosialisasikan kepada masyarakat bagi yang belum terdaftar sebagai pemilih mereka segera untuk mendaftarkan. Mereka yang belum mendapat E-KTP segera mendaftarkan ke Dukcapil, sehingga peran masyarakat itu tidak ada yang ketinggalan lagi,” katanya. 

Mahlani menambahkan kegiatan yang mulai dilakukan sejak 2017 ini memiliki konsep menampilkan kesenian-kesenian nusantara. Kreativitas masyarakat berupa tarian, musik, dan lagu-lagu daerah ditampilkan di Panggung Suara Kebangsaan. Dengan menampilkan kesenian dari berbagai daerah, menurutnya, hal tersebut merupakan wujud kebhinekaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Acara yang cukup menarik perhatian masyarakat ini mengambil tempat di area Car Free Day Bundaran Besar Palangka Raya. Dalam Panggung Suara Kebangsaan kali ini ditampilkan kesenian dari Banjarmasin Kalimantan Selatan berupa Musik Panting dan Tarian Japin yang dibawakan grup kesenian Nanang Wan Galuh Banjar. Panggung juga dimeriahkan dengan penampilan lagu-lagu kebangsaan dan lagu daerah yang dibawakan oleh grup Band Amnesia.

Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya mengatakan kegiatan Panggung Suara Kebangsaan ini diprogramkan secara rutin dan berkesinambungan. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.