Breaking

Rakornas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial 2018

BKBP, Jakarta – Rapat Koordinasi Nasional Penanganan Konflik Sosial 2018 dengan Thema Rakornas : “Sinergitas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Guna Mendukung Sukses Pilkada 2018 dan Persiapan Pemilu 2019”. dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta, (Rabu,7/3/18)

Rakornas diikuti oleh Tim Terpadu Tingkat Nasional, Propinsi dan Kab/Kota. Se – Indonesia, Kabinda Propinsi, dan Kaban Kesbangpol, Kabaop Polda/Kodam. Untuk Tingkat Nasional hadir antara lain Menteri Dalam Negeri, Menkopolhukam, jajaran pejabat eselon I Kemendagri.

Dari Kota Palangka Raya hadir Walikota (Dr. M. Riban Satia) selaku Ketua Timdu, Kaban Kesbangpol Kota Palangka Raya (Ir. Januminro) selaku Sekretaris dan Kaban Penanggulangan Bencana Daerah selaku Anggota Tim.

Dirjen Polpum dalam laporannya menjelaskan maksud dan tujuan Rakornas adalah untuk mewujudkan dan tingkatkan koordinasi dan sinergisitas Timdu pada berbagai tingkatan. Selain itu dimaksudkan dalam rangka penanganan konflik terkait dengan Pilkada dan Pileg 2019.

Kemudian kegiatan dimaksudkan untuk melakukan evaluasi pencapaian target Timdu 2017 serta terbangunnya kesamaan dalam penanganan konflik sosial. Dan juga dalam rangka terciptanya koordinasi penanganan konflik menjelang pilkada 2018 dan pileg 2019.

Kegiatan Rakornas dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinasi Polhukam. Dalam sambutannya Menkopolhukam Mengingatkan semua fihak bahwa pada tahun 2018 dan 2019 menjadi tahun politik, karena secara bersamaan akan ada kegiatan Pilkada serentak pada 171 daerah meliputi Pilkada Gubernur 17 daerah, Pilkada Bupati 115 daerah dan Pilkada Walikota 39 daerah. Kegiatan tersebut pada tahun 2019 diikuti dengan Pemilu Presiden, DPD, dan Legislatif.

Untuk meminimalisir konflik yang muncul, diminta semua Kepala Daerah selaku Ketua Tim Terpadu untuk melakukan pemetaan konflik pada setiap tahapan Pilkada dan Pemilu. Dengan pemetaan konflik tersebut, diharapkan semua fihak dapat melakukan antisipasi  secara lebih dini.

Pada kesempatan Rakornas diserahkan pengharagaan kepada Gubernur Lampung, Jawa Timur dan DI Yogyakarta sebagai peringkat 1, 2 dan 3 Penanganan Konflik Sosial terbaik.#Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/Januminro

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.