Breaking

Ratusan Mahasiswa Demo Gubernur Kalteng

BKBP, PALANGKA RAYA – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kalteng Menggugat (AMKM) mendatangi kantor Gubernur Kaliman Tengah untuk mempertanyakan kepemimpinan Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran selama tiga tahun, Selasa (7/5/19).

Aksi yang dilakukan Aliansi Mahasiswa Kalteng tergabung di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Mahasiswa (DEMA) se-Kalimantan Tengah dan Gabungan OKP seperti HMI, GMNI,GMKI serta Organisasi kedaerahan lainnya menggugat Gubernur Kalteng dalam rangka refleksi tiga tahun kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng.

Hasil pengamatan selama kurang lebih tiga tahun, kinerja kepemimpinan Sugianto Sabran sama sekali belum sesuai dengan harapan, ujar Karuna Mardiansyah, selaku korlap AMKM saat melakukan aksi di kantor Gubernur.

Sedikitnya ada empat tuntutan yang disampaikan dalam aksi, yakni sektor Pendidikan, ingkungan, Kesehatan dan infrastruktur.

Karuna Mardiansyah, mengatakan pihaknya menuntut realisasi Pergub no 7 tahun 2017 tentang pendidikan. “Menuntut pemerintah daerah segera untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga pendidik, Perpustakaan di tiap Kabupaten/kota dan tenaga pustakawan,” Terang Karuna.

Pihaknya juga menuntut pemerintah provinsi segera merealisasikan 20% anggaran pendidikan dari postur APBD dan APBN tertuang di UUD 1945 pasal 31 ayat 4dan UU Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003 pasal 49 ayat 1.

Selain itu di sektor lingkungan, Gubernur diminta bertindak tegas ke segala perizinan yang merusak lingkungan dan hutan serta mengevaluasi segala bentuk perizinan perusahaan korporasi. “Dan itu sesuai Inpres moratorium nomor 8 tahun 2018 IUP, AMDAL dan lain-lain yang ada di Kalteng, dan pemerintah daerah agar melakukan reklamasi dan reboisasi bekas pertambangan di Kalteng,” pintanya.

Sedangkan sektor Kesehatan mendesak pemerintah daerah agar mengoptimalkan pemerataan sarana prasarana dan tenaga kesehatan sesuai amanah UUD 1945.

“Terakhir kami mendesak pemerintahan Sugianto Sabran untuk segera melakukan pembangunan dan perbaikan jalan, listrik di wilayah Kalimantan Tengah,” pungkasnya. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.