Breaking

RELASI Garda Terdepan Pendidikan Politik dan Sosialisasi

BKBP, Palangka Raya – KPU Kota Palangka Raya melalui Relawan Demokrasi (Relasi), salah satunya relawan basis Berkebutuhan Khusus didampingi Komisioner KPU Palangka Raya, Syairi Abdullah, sedang melakukan sosialisasi di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah Doris Silvanus Palangka Raya, Rabu (30/1/19).

Pada acara sosialisasi ini dihadiri sekitar 340 orang, terdiri dari para dokter, tenaga medis, perawat,  dan tenaga kontrak, serta disaksikan Wakil Direktur RSUD Doris Silvanus.

Tugas utama RELASI adalah menjadi garda terdepan pendidikan politik dan sosialisasi, sesuai dengan basis kelompoknya. Jadi tugas utama mereka bukan hanya menyebarkan info soal waktu (tgl, hari, jam) pemungutan suara, tata cara mencoblos surat suara dengan benar, serta mengenalkan peserta dan kandidat kepada pemilih. Namun mereka juga harus menjelaskan pentingnya pemilu dan demokrasi, serta mengapa masyarakat perlu menggunakan hak pilihnya dengan cerdas.

Pembentukan RELASI merupakan langkah strategis KPU dlm memperluas jejaring orang2-orangnya yang punya komitmen kuat dari seluruh pelosok nusantara untuk mewujudkan pemilu yang jujur dan adil. Mereka diharapkan menggerakkan kesadaran publik untuk menolak politik uang, ujaran kebencian, dan hoax, serta menumbuhkan keberanian publik untuk melaporkannya ke lembaga yang berwenang (Bawaslu atau Polisi). Dengan demikian “pulau-pulau berintegritas” itu semakin banyak dan meluas.

Keberadaan RELASI saat ini semakin signifikan untuk memperkokoh kekuatan tengahan yang tegak berdiri di tengah kuatnya rivalitas politik elektoral. Apalagi dalam konteks Pilpres, di mana masyarakat telah terbelah sedemikian rupa. RELASI diharapkan menjadi kelompok imparsial yang memoderasi ekstremitas dukungan, sehingga rivalitas politik itu tidak berkembang menjadi konflik horisontal di masyarakat. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.