Breaking

Seni Budaya Leluhur Sebagai Persembahan HUT Kota Palangka Raya

BKBP, Palangka Raya – Bermacam kesenian daerah digelar untuk memeriahkan HUT Pemerintah Kota Palangka Raya ke-54 dan Hari Jadi Kota Palangka Raya ke-62 yang tepat pada tanggal 17 Juli 2019,  dari pergelaran Kecapi dan Karungut tingkat Sekolah Dasar juga Gelar Seni Budaya sebagai bentuk persembahan dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Palangka Raya, bertempat di Tugu Soekarno dan Taman Pasuk Kameluh Palangka Raya, Rabu (17/7/19) sore.

Kegiatan yang dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Wakil Walikota Palangka Raya, Hj. Umi Mastikah, dihadiri oleh Wakapolres Palangka Raya, beberapa Kepala SOPD di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya, termasuk Kadisbudpar Kota Palangka Raya, Hj. Norma Hikmah, mendapat antusias yang luar biasa dari masyarakat Kota Palangka Raya yang memadati areal pegelaran.

Dalam sambutannya Hj. Umi Mastikah, menyampaikan bahwa Karungut merupakan salah satu kesenian tradisional yang sangat komunikatif, karena pesan-pesan yang disampaikan berbentuk pantun dalam bahasa Dayak dan mudah dimengerti penontonnya.

Kegiatan seperti ini sangat positif ditanamkan bagi generasi muda sejak dini. Karena memperkenalkan kebudayaan leluhur sejak dini merupakan salah satu langkah agar kebudayaan yang sudah ada sejak dulu tidak hilang dimasa yang akan datang.

Meskipun saat ini setiap harinya selalu saja ada perkembangan yang sangat signifikan dibidang teknologi, namun dia berharap anak-anak generasi penerus Kota Palangka Raya dapat tumbuh dengan kebudayaan leluhurnya, tutup wanita yang akrab disapa Ibu Umi.

Sebelum meninggalkan loaksi acara, Ibu Umi menyempatkan diri menari bersama dengan penggiat kesenian Dewan Kesenian Kota Palangka Raya, diikuti oleh beberapa kepala OPD yang asik menari membaur dengan masyarakat kota Palangka Raya. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.