Breaking

Tim Kewaspadaan Dini; Lakukan Antisipasi Dini

BKBP, Palangka Raya – Tim Kewaspadaan Dini memiliki peran penting dalam membantu pemerintah melakukan antisipasi dini setiap segala kemungkinan masalah yang muncul di tengah masyarakat. Sehingga forum yang melibatkan langsung stakecholder ini diharapkan dapat lebih meningkatkan perannya. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya, Ir. Januminro pada rapat bersama Tim Kewaspadaan Dini di Aula Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Palangka Raya, Rabu (23/10).

Rapat dihadiri oleh Tim Kewaspadaan Dini dari BNN Kota Palangka Raya, Kodim 1016/Plk, Polresta Palangka Raya, BMKG, Kejaksaan, Kabinda, Damkar, dan Instansi terkait.

Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Kesbangpol telah membentuk kepengurusan baru Tim Kewaspadaan Dini sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2018 ke Permendagri no 46 tahun 2019 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah.

Tim ini memiliki peran penting dalam mendeteksi segala informasi yang diterima dari masyarakat. Melihat dan terus mencari informasi segala kemungkinan yang rawan dan dapat mengganggu keamanan di daerah.

Tim Kewaspadaan Dini di daerah memiliki tugas menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data, serta informasikan masyarakat mengenai potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) serta memberikan laporan informasi dan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan pemerintah daerah.

Lebih lanjut, Januminro mengatakan Tim Kewaspadaan Dini perlu dibentuk hingga kecamatan, Tim Kewaspadaan Dini lebih mengoptimalkan perannya di tengah masyarakat, para anggota Tim diharapkan dapat menerima dengan cepat segala informasi maupun datang sehingga dengan jaringan yang terbangun akan lebih memaksimalkan kerja Tim. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/rzl

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.