Breaking

Transaksi PerBankkan Tidak Terkendala Libur Panjang Lebaran 2018

BKBP, Palangka Raya – Pada Rapat Forkopimda bertempat di ruang Petang Karuhey II, Selasa (22/5/18) lalu. Dalam rangka cipta kondisi terkait bulan suci ramadhan serta kesiapan menjelang hari raya Idul Fitri 1439 H, Untuk kesiapan ketersediaan uang menjelang Hari Raya Idul Fitri di Kota Palangka Raya semua pihak melaksanakan Cipta Kondisi dengan tujuan memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat untuk melakukan trnsaksi perbankkannya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia menjelaskan, Melemahnya kurs rupiah terhadap dollar berdampak pada inflasi. Kondisi inflasi di Kalimantan Tengah pada bulan April tahun 2018 sebesar 2,55% dibandingkan dengan inflasi pada 3 tahun kebelakang periode yang sama sebesar 4,77%

Inflasi bulan April 2018 didorong oleh inflasi komoditas Volatile Foods/Inflasi komponen bergejolak yang dipengaruhi oleh shock dalam kelompok bahan makanan.

Ada 3 hal Disagregasi inflasi Kalimantan Tengah antara lain: Administered Prices, adalah harga yang perkembanggannya ditentukan oleh tingkat pusat/nasional. Angkutan udara/tiket pesawat menjadi komoditas Administered Prices yang memberikan kontribusi untuk inflasi Kalimantan Tengah. Volatile Foods merupakan komponen inflasi yang mencakup beberapa bahan makanan yang terjaga/terkontrol yang harganya sangat berfluktuasi.

Dengan adanya peran TIPD (Tim Pengendali Inflasi Daerah) Kalimantan Tengah   maka berpengaruh secara signifikan terhadap inflasi komponen Volatile Foods. Inflasi Volatile Foods pada saat momen tertentu mengalami lonjakan permintaan sehingga menekan puncak tingginya  angka inflasi.

Inflasi Provinsi Kalimantan Tengah pada bulan bulan Ramadhan dan Idul Fitri       meningkat lebih tinggi dibandingkan dari tahun sebelumnya, hal ini disebabkan realisasi inflasi nasional mengalami tekanan inflasi dari kelompok komoditas Administered Prices.

Salah satu upaya untuk mengatasi tingginya inflasi 4K antara lain ; Ketersediaan pasokan (penguatan peran Bulog, BUMD, dan SKPD terkait), Kelancaran distribusi (kerjasama dengan asosiasi, distributor dan melakukan sidak pasar), Keterjangkauan harga (sidak pasar dan menguatkan peran KPPU), Komunikasi efektif (menguatkan komunikasi, koordinasi TPID dan stakeholders terkait),

Dalam mendukung peningkatan aktivitas perekonomian masyarakat pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2018 (12 April s.d 8 Juni) Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah telah menyiapkan uang sejumlah Rp. 3,4 Triliun untuk didistribusikan di wilayah Kalimantan Tengah.

BI sdh menginstruksikan kepada semua bank agar setiap ATM jangan sampai kosong, hal ini untuk memudahkan masyarakat melakukan transaksinya lewat ATM, karena berkenaan dengan libur lebaran dan libur panjang semua Bank juga ikut tutup. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/ Polmas

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.