Breaking

Transportasi, Ketersediaan BBM Kota Palangka Raya diAmankan

BKBP, Palangka Raya – Pada Rapat Forkopimda bertempat di ruang Petang Karuhey II, Selasa (22/5/18) lalu. Dalam rangka cipta kondisi terkait bulan suci ramadhan serta kesiapan menjelang hari raya Idul Fitri 1439 H, Untuk kesiapan transportasi Udara, Darat, dan BBM menjelang Hari Raya Idul Fitri di Kota Palangka Raya semua pihak melaksanakan Cipta Kondisi dengan tujuan memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat bagi yang mudik lebaran dan libur panjang nanti.

Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya mengatakan, bahwa angkutan dalam Trayek di Kota Palangka Raya, meliputi ; Mikrolet (Angkot) berlokasi di terminal Type C Mihing Manasa, Taxi Bandara berlokasi di Bandara Tjilik Riwut.

Armada angkutan kota yang beroperasi pada terminal Mihing Manasa sebanyak 187 mobil dan sejak memasuki bulan Ramadhan jumlah armada yang beroperasi pada terminal C Mihing Manasa sebanyak 120 mobil hal ini mengalami penurunan dikarenakan sebagian para supir mudik lebih awal.

Kendaraan bermotor wajib dilakukan Uji Fisik setiap 6 bulan sekali, antara lain : mobil bus, mobil barang dan kendaraan khusus. Pengujian kelayakan Kendaraan Bermotor (PKB) wajib dilakukan oleh Dishub Kota Palangka Raya, hal ini dilakukan berdasarkan UU RI No. 22 Tahun 2009, PP Nomor 55 Tahun 2012 dan Permenhub RI Nomor 133 Tahun 2015 tentang Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor.

Dishub Kota Palangka Raya sudah melakukan pengujian fisik dalam rangka persiapan angkutan Lebaran Tahun 2018 ini dengan pengawasan persyaratan teknis Laik Jalan terhadap kendaraan bermotor dan pemberian izin insidentil pada masa angkutan lebaran.

 Pimpinan Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya juga memberikan penjelas, bahwa terkait dengan pengamanan teror bom yang terjadi beberapa waktu lalu di Indonesia, pihak bandara telah melakukan antisipasi dengan membentuk posko dan meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan sesuai Instruksi dari Kementerian.

Persiapan arus mudik menjelang lebaran di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya sudah siap, posko keamanan juga sudah di koordinasikan dengan pihak terkait. Namun sampai sekarang untuk penambahan Extra Flight belum ada surat pengajuan Extra Flight dari pihak maskapai sedangkan batas waktu pengajuan Izin Extra Flight dari Direktorat Angkutan Udara dikeluarkan  sampai dengan tanggal 30 Mei 2018.

Berkaitan dengan kesiapan fasilitas di Bandara Tjilik Riwut sudah sangat siap sekali, namun relatif terbatas  terutama pada saat adanya penumpukan dan lonjakan penumpang, hal ini disebabkan kondisi Bandara dan terminal sangat kredibel.

Pada kesempatan itu juga, Pimpinan PT. Pertamina Perwakilan Kalteng mengatakan, bahwa ada 2 hal penting yang menjadi perhatian prioritas Pertamina untuk menghadapi lebaran tahun ini yaitu, Ketersediaan stok pertalite, pertamax, solar dan premium untuk mengatisipasi hari raya Idul Fitri sampai dengan H-2 serta kelancaran suplainya. Dan untuk ketersediaan BBM di kota Palangka Raya sangat cukup hingga ahir lebaran nanti.

Ketersediaan pertamax, pertalite, dan solar di Pertamina untuk wilayah Kota Palangka Raya dalam 1 minggu sebanyak 1 Tangker dan untuk persiapan menghadapi Lebaran ada penambahan sebanyak 3 Tangker per 2 Minggu.

Untuk persiapan menjelang Idul Fitri H-3 dan H+3 Pertamina sudah berkoordinasi dengan beberapa SPBU untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat selama 24 jam secara bergantian. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/ Polmas

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.