Breaking

Upacara bendera  memperingati Hari Bela Negara  ke-74

BKBP Kota Palangka Raya- Senin (19/12 ) telah dilaksanakan Kegiatan  dalam rangka menumbuh kembangkan semangat Bela Negara dan mengenang kembali sejarah terjadinya agresi militer Belanda pada tanggal 19 Desember 1948. Pada Tahun 2022 ini Hari bela Negara bertemakan  “ Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku”, bertempat di halaman Pemerintah Kota Palangka Raya  Jln. Tjilik Riwut Km. 98 Palangka Raya.

Dalam sambutan Presiden yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Dr. Hera Nugrahayu, M.Si mengatakan bahwa Seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan Bela Negara. Bela Negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. Bela Negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara untuk bertanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

Menurutnya, nilai dasar Bela Negara adalah cinta tanah air, Sadar berbangsa dan Bernegara, setia pada Pancasila sebagai Ideologi Negara, Rela Berkorban untuk bangsa dan negara, dan kemampuan awal bela negara. Dan nilai-nilai inilah yang harus diimplementasikan dalam program Pembinaan Kesadaran Bela Negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan , maupun lingkungan masyarakat  sesuai tugas dan tanggung jawab serta profesinya.

Dalam upacara tersebut 2 ( orang ) perwakilan ASN membacakan Pembukaan UUD 1945 dan Ikrar Bela Negara.  Dan diakhir upacara diperdengarkan lagu Mars Bela Negara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.