Breaking

Walikota Palangka Raya Raih Indonesia Innovation Award 2019

BKBP, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin meraih penghargaan bergengsi dalam “Indonesia Innovation Award 2019” Kategori Khusus Innovation on Perangkat Peringkat dini kebakaran hutan dan lahan gambut tingkat tapak Pemerintah Kota Palangka Raya, bertempat di Grand Ballroom Hotel Fairmont Jakarta, Kamis (25/4/19).

Saat penerimaan penghargaan, Walikota didampingi Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kepala Balitbangda, Kepala Diskominfo, dan Kepala Badan Kebangpol Kota Palangka Raya Ir. Januminro, M.Si selaku Inovator.

Kepala Balitbangda Kota Palangka  Raya, “kegiatan Indonesia Innovation Award 2019, diikuti lebih dari  200 lebih peserta dari seluruh Indonesia yang ikut penilaian inovasi daerah dan salah satunya Palangka Raya menjadi pemenang”.  IIA 2019 ini merupakan penghargaan pertama yang diterima walikota sejak dia menjabat dan penghargaan pertama tingkat nasional sejak adanya Badan Litbang Kota Palangka Raya, jelas Barit Rayanto.

Berdasarkan Keputusan Sidang Pleno Dewan Juri ‘Indonesia Innovation Award 2019’, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Palangka Raya, ditetapkan menjadi pemenang ‘Indonesia Innovation Award 2019’. Dewan Juri menilai bahwa Pemerintah Kota Palangka Raya layak untuk menerima penghargaan ‘Indonesia Innovation Award 2019’ Kategori Khusus Innovation on Perangkat Peringkat dini kebakaran hutan dan lahan gambut tingkat tapak, karena Pemerintah Kota Palangka Raya telah melakukan terobosan dalam hal inovasi. Inovator peraih penghargaan ini adalah Januminro, tapi pemerintah kota dapat penghargaan sebagai lembaga daerah yang punya perhatian terhadap pengembangan inovasi daerah.

Januminro sebagai inovator mengatakan, Perangkat Peringkat dini kebakaran hutan dan lahan gambut tingkat tapak, merupakan perangkat sederhana yang memiliki fungsi memberikian informasi terkait dengan risiko dan potensi kebakaran lahan gambut.  Informasi tingkat risiko dan potensi kebakaran lahan, menjadi acuan bagi masyarakat dan Tim Relawan /serbu Api yang telah dibentuk untuk  selalu bersiaga dan menjadi acuan untuk melakukan respon cepat untuk meminimalisir  dampak meluasnya kebakaran lahan gambut.

Penghargaan Indonesia Innovation Award Kategori Khusus 2019 untuk Pemerintah Kota Palangka Raya merupakan kategori yang memiliki keunikan tersendiri dari inovasi yang dilakukan.

Adapun ajang ‘Indonesia Innovation Award 2019’ terselenggara berkat kerjasama antara majalah Biskom dan Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) didukung oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), dan acara puncak penyerahan penghargaan ‘Indonesia Innovation Award 2019’ pada Hari Kamis, Tanggal 25 April 2019,   bertempat di Grand Ballroom, Hotel Fairmont Jakarta.

Acara ‘Indonesia Innovation Award 2019’ dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Perwakilan dari Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Kemenristekdikti, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kementerian BUMN, Kementerian Perindustrian (Kemperin), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kedutaan Besar (Kedubes) negara-negara sahabat dan Berbagai asosiasi industri. #Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/01

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.