Breaking

Wawasan Kebangsaan Wajib bagi Generasi Muda

BKBP, Palangka Raya – Kegiatan Pembinaan Wasbang dan Bela Negara Diselenggarakan oleh Korem 102/Panju Panjung bekerjasama dengan Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya. Peserta berasal dari utusan Pramuka, Menwa, KNPI dan ormas pemuda lainnya dengan jumlah 80 orang. Bertempat di Aula Makorem 102, Sabtu (12/5/18)

Kegiatan  ini dibuka oleh Walikota Palangka Raya yang sambutannya dibacakan oleh Stap Ahli Walikota Bidang Politik Pemerintahan dan Kumham, Yohn Benhur Pangaribuan AP,MAP, dikatakan bahwa Sejarah mencatat  NKRI tegak dan berdaulat tidak terlepas dari semangat bela negara dari seluruh kekuatan rakyat, api semangat yang tidak pernah padam tersebut  harus terus kita kobarkan dalam menghadapi tantangan-tantangan baru didepan mata, selanjutnya beliau juga menyampaikan ada dua nilai-nilai bela negara yg perlu dijaga, yaitu cinta tanah air dan rela berkorban untuk bangsa dan negara.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya, Ir. Januminro, M.Si. mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk mendorong minat para generasi muda terhadap pemaknaan nilai-nilai Pancasila, sehingga diharapkan seluruh komponen khususnya generasi muda dapat menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di kehidupan sehari-hari. Dari pelatihan dan sosialisasi itu pula disimpulkan, bahwa pendi­dikan dan sosialisasi wawasan ke­bangsaan dinilai wajib bagi setiap generasi muda yang diberikan melalui berbagai ins­tru­men seperti kurikulum sekolah dan ber­bagai kegiatan lainnya. Sehingga pemahanan Wasbang rutin diberikan dan mendapat hasil yang optimal.

“Dalam kegiatan ini kami mengajak kepa­da para pelajar dan seluruh masyarakat untuk mengenal tentang Pan­ca­sila, guna memicu kemampuannya mema­hami, menghayati dan mengamalkan Panca­sila, sehingga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tidak hanya sebagai hafalan saja, tapi untuk diamalkan dan dipedomani dengan baik guna menumbuhkan rasa cintah Ta­nah Air, cinta bangsa dan negara Indo­nesia.” ujarnya.

Dijelaskan pula, saat ini, nilai kebangsaan generasi muda terkikis oleh pengaruh buruk perkembangan zaman dan teknologi. Untuk mengimbangi hal itu, perlu dibuat semacam perlawanan untuk mengimbangi dampak per­kembangan zaman yang sulit kita ben­dung jika tidak sesuai dengan cita-cita negara dalam menbentuk generasi. Maka, mema­ham­kan nilai-nilai kebangsaaan perlu di­muta­khirkan sehingga menarik dan diminati ge­nerasi, sehingga akan tetap mampu me­nyen­tuh sanubari para pelajar sekarang ini. Dengan dukungan semua pihak, yaitu ke­luarga, pemerintah dan pemangku kepen­tingan lainnya.#Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya/KIB

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.